Bumbu utama hari Valentine itu CINTA

kategori cinta

Hari Valentine biasanya identik dengan pemberian hadiah kepada selingkuhan pasangan maupun calon gebetan. Entah siapa yang memulai tradisi seperti ini, yang pasti tradisi ini bikin pengeluaran tambahan saja dan hasil yang didapatkan belum tentu menyenangkan hati *sigh*

Menyambut hari Valentine ini, gue pengen ngebahas bumbu utama Valentine yaitu CINTA. Semua orang yang sedang menginjak fase ababil dan kemudian akan menjadi dewasa pasti merasakan yang namanya cinta. Suatu hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah dari anggota tubuh bagian mana datangnya rasa itu tetapi membuat sesak di dada meskipun kita tidak terkena penyakit asma dan dapat membuat kita tersenyum bahagia ketika baru sedikit saja mendapatkan tanggapan dari orang yang kita suka.

Cinta sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori yang mungkin beberapa dari kita pernah mengalaminya, Check it Out  : 

1.Cinta Monyet

cinta monyet itu menyebalkan

Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya cinta monyet. Gue sendiri binggung apa hubungan cinta dengan seekor monyet, dan kenapa juga bisa menjadi satu ungkapan seperti ini. Iseng-iseng, gue mengamati perilaku seekor monyet untuk mengetahui hal ini lebih dalam.

Ketika gue akan memberikan monyet makanan, maka secara cepat si monyet menghampiri gue dan mengambil makanan tersebut serta masih berada di dekat gue sambil berharap mendapatkan makanan tambahan. Monyet itu juga duduk dengan manis sambil memakan makanan yang gue kasih sambil garuk-garuk kepala dan terus menunggu. Setelah dia memastikan gue tidak memiliki makanan lagi, maka dia  pergi meninggalkan gue dan beralih ke manusia lain yang membawa makanan. Si monyet menghilang begitu saja dari hadapan gue tanpa berterima kasih apalagi mengingat gue.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi titik kesamaan cinta manusia dengan perilaku monyet. Ketika kita menyukai wanita atau pria yang kita taksir, kita akan menghampirinya, akan berubah menjadi perhatian lebih dari biasanya, menunggu dengan manis sambil garuk-garuk kepala apakah yang bisa dia berikan kepada kita. Dan apabila kita berhasil menjadi pasangannya, kita akan lebih dekat lagi dengan dia bahkan tidak ingin dipisahkan sampai salah satu dari sudah tidak memiliki 'makanan' lain alias bosan. Pasangan kita akan menghilang dan melirik orang lain yang dapat memberikan makanan lain dan yang pasti dia meninggalkan kita sendiri dengan hati yang sudah kosong. DAMN!!!

2.Cinta pada pandangan pertama

cinta pada pandangan pertama

Ini juga merupakan keanehan bagi gue, bagaimana bisa seseorang yang belum kenal dan baru pertama kali melihat langsung menyatakan cinta.It's So Freak dan menakutkan !!!

Waktu jamannya Friendster masih berjaya, Gue pernah  iseng-iseng menggunakan fasilitas chatting di channel MIRC (Gue orang normal yang kenal internet dan pernah menggunakan fasilitas chat ini. Gak JAIM !!!).

<Cwe_Sepi_Jkt> : Hai, boleh kenalan ?
<Gue kesepian> :  Yup :p
<Cwe_Sepi_Jkt> : ASL please !
<Gue kesepian> : Jakarta Pusat nich (Karena baru pertama kali chat, gue kira dia nanya asal gue)
<Cwe_Sepi_Jkt> : Maksud gue Age Sex Location 
<Gue kesepian> : OoOOhh... 20 Laki-laki tulen dari Jakarta
<Cwe_Sepi_Jkt> : Kamu lucu jawabnya yah, punya fs gak ?

Perasaan jawaban yang gue ketik normal-normal saja tapi kenapa nich cewe bilang gue lucu.Aneh abis... Singkat cerita, gue berdua tukeran fs dan gue pun melihat-lihat isi fs cewe tersebut. Nich cewe bener-bener absurd, dia memajang foto dia yang diambil dari bagian belakang semua. Seperti film king of gambler aja yang cuma boleh difoto dari belakang doang !!!

Akhirnya kita ngobrol ngalur ngidul sampe 20 menit dan gue merasa bosan.
<Gue kesepian> : eh gue off yah, pengen cabut dulu nich :P
<Cwe_Sepi_Jkt > : Yahhh...gue masih pengen ngbrol, boleh minta nomor HP nya ?
<Gue kesepian> : Buat apaan ?
<Cwe_Sepi_jkt> : Gue suka sama loe nich, dari tadi gue ngeliat foto-foto loe di fs dan malah bikin gue tambah pengen deket ama loe. Rasanya gue udah kena panah Cupid nich, jadi pengen deket terus.
<Gue kesepian> : Lost Connection...

Gue langsung memutuskan untuk mengakhiri obrolan secara sepihak. Di pikiran gue cuma satu, ini cewe stressss abis. Gue masih memahami kalau minta nomor telphone buat ngobrol, tapi kalau bilang cinta karena cuma liat foto di FS dan cuma karena chatting doang, Oh My God !!! Tapi banyak orang yang termasuk di kategori ini, gak percaya ? coba aja chatting iseng, biasanya sich sekarang lebih hebat, dah beberapa kali chatting baru bilang cinta tapi tetep saja Gak Buanggeettt bagi gue.

3.Cinta Mati

Cinta sampai mati
Cinta mati
Banyak banget orang yang ngomong, " Aku cinta mati banget sama kamu dan sama kaya upil dengan lubang  hidung,  aku tidak dapat dipisahkan dari kamu."  PRETTTT lah !!! orang yang dikit-dikit ngomong cinta mati itu biasanya akan menjadi orang yang posessif.

Posessif itu adalah hal yang benar-benar menyebalkan di dalam dunia percintaan. Mereka berfikir karena kita sudah jadian, maka mereka berhak sepenuhnya atas hidup kita sehingga segala hal yang tidak berkaitan dengan dirinya akan dilarang total. Gue cuma bisa bilang : ITU GILA  !!! Gue bisa menerima dilarang karena memang hal itu tidak baik untuk kita seperti pergi dugem setiap malam, menggodai banyak cewe, kerja tanpa kenal waktu tapi kalau mau pergi dengan teman saja dilarang ?  No Way

Gue : "Yang, aku mau pergi jalan-jalan yah minggu ini sama Adi buat cari sepatu bola."
Yayang : Ahh mau cari sepatu bola atau mau cari cewe lain ? Gak boleh, kamu kan bisa beli online"
Gue : *sigh* dan ngelus dada...

Gue : "Yang, aku ditawarin jalan-jalan ke Bali nih, ada tiket pesawat murah buat PP."
Yayang : " GAK BOLEH, aku gak bisa ikut pas hari itu dan nanti di sana kamu malah godain bule-bule!!!"
Gue : Nangis di pojokan sambil sms temen gue bilang kalau gue gak bisa ikut.

Gue : "Yang, mau maen Futsal nich."
Yayang : "Alasan kamu banyak, bilang aja mau pergi cari cewe lain pake bilang mau futsal segala."
Gue : "Tapi emang hari ini jadwal aku maen futsal. Kamu kan tau dari dulu aku suka main bola."
Yayang : " Itu kan dulu, sekarang kamu maen PS aja di rumah.Biar aman dari cedera dan sekalian nemenin aku di rumah.Aku kan cinta banget sama kamu, takut kamu kenapa-kenapa."
Gue : lempar sepatu futsal ke yayang sambil teriak, " Cukuppppp.."

See, orang yang terlalu cinta mati bakal menjadi orang yang serba melarang karena ketakutan kehilangan.Buat kamu yang posessif, inget baik-baik pesan gue : "Semakin loe ngelarang seseorang buat melakukan yang dia mau, maka semakin banyak alasan buat melakukan pemberontakan yang akan berakhir dengan kehilangan diri kita selamanya."

4.Cinta satu malam

" Cinta Satu malam, oh indahnya... Cinta satu malam. oh enaknya..."
Lirik lagu itu bener-bener pas banget buat menggambarkan perasaan lelaki hidung belang.Gue juga binggung kenapa bisa dibilang cinta kalau cuma satu malam sudah berakhir. Cinta model ini bakal terjadi kalau loe sering kelayapan di tengah malam, tapi kalau yang jam 9 malam saja sudah masuk di alam mimpi, gue rasa gak bakal pernah mengalami hal ini.

Cinta Liar
Vini Vidi Vici
Gue sangat yakin kalau cinta satu malam itu cuma atas nafsu belaka. Ini seperti prinsip " VINI VIDI VICI " yang dibelokan arah dan artinya kurang lebih menjadi  "Saya lihat, Saya bercinta, dan Saya lupakan" Tidak mungkin ketika malam hari disaat kita bertemu dengan korban pasangan cinta satu malam kita cuma tertawa-tertawa saja, mabuk ringan dan pegangan tangan terus besok melupakan, pasti hal ini identik diakhiri dengan ML dan memang berlaku buat orang yang sudah memiliki KTP.
Woiii... yang namanya cinta jangan cuma dikaitkan dengan sex doang, setelah malam ini berlalu, biarkan gue loe End. Cinta ini sangat mungkin terjadi kalau loe cuma pengen kabur dari pasangan loe dan berselingkuh tetapi mengatasnamakan cinta. Karena tidak ada ungkapan yang keren, masa "Cinta selingkuh" maka lebih baik menggunakan ungkapan "Cinta Satu Malam" dan melupakan kejadian ini di pagi dan siang hari tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan di malam hari kemudian.

Buat yang merasa tidak adil karena terkena jam tidur malam karena masih di bawah umur. mungkin dapat mencoba Cinta Siang Hari, perasaan cinta yang timbul ketika matahari masih bersinar.

5.Cinta Sejati

Kalau yang mengucapkan cinta sejati itu anak muda yang masih ingusan, gue gak bakal pernah percaya kalau itu adalah cinta sejati.Tetapi kalau yang mengucapkan itu pasangan nenek kakek yang rambutnya sudah pada ubanan, untuk berjalan saja mungkin sudah menggunakan tongkat atau kursi roda dan masih bilang cinta kepada pasangannya. Sama seperti film Hope SpringsHabibie & Ainun yang pernah gue tonton, mungkin itulah cinta sejati yang sesungguhnya.

Definisi cinta sejati bagi gue adalah disaat loe sudah mengarungi kehidupan yang cukup lama dengan pasangan loe dan mimpi-mimpi kalian sudah terpenuhi tetapi masih memiliki sikap saling mengasihi satu sama lain sama seperti ketika awal pacaran.  Susah dong ? Memang, tapi itulah cinta sejati, sulit dicari tetapi sangat indah bila kita diberi kesempatan untuk menulis sendiri kisah cinta kita hingga akhir hayat.

Bagaimana dengan cinta sejati yang merelakan pasangannya bahagia dengan orang lain. Gue cuma bilang kalau cinta itu seharusnya memiliki karena bila tidak memiliki berarti itu hanya cerita cinta yang cuma bisa kita ceritakan kepada sesama dan hanya bisa kita kenang.Tapi apabila banyak yang mendefinisikan itu cinta sejati, gue lebih memilih untuk bilang kalau itu cerita cinta sejati.
cinta sejati
My Endless love

***
Dan sebagai penutup, gue cuma pengen bilang kalau kado atau apapun pemberian kita ketika hari Valentine itu hanya ungkapan semata akan penghargaan kita untuk pasangan kita. Pasangan kita (khususnya wanita) menginginkan perhatian lebih (baik berupa barang, makan malam ataupun coklat batangan sekalipun) agar mereka tetap merasa bahwa mereka masih diinginkan dan mereka adalah orang yang berarti untuk hidup pasangannya. Valentine hanyalah salah satu hari untuk pemberian perhatian tersebut yang dirayakan secara bersamaan di seluruh dunia, Gue menyebutnya pengingat massal agar kita tetap perhatian pada pasangan kita.

Tetapi bumbu utama Valentine yaitu Cinta adalah hal yang jauh lebih penting yang diinginkan pasangan kita, dan tentunya hal ini tidak harus terjadi setahun sekali hanya untuk sekedar bilang, "Thanks yah karena kamu masih disisiku dan mencintaiku." Kita dapat melakukannya di hari-hari biasa sekalipun untuk mengungkapkan syukur kita atas kebaikan (Cinta) dari pasangan kita.
Lets your heart and your Love bring your own Valentine.

Selamat Hari Valentine

No comments:

Post a Comment

Kloseter selalu meninggalkan jejak sebelum beranjak pergi...
Jangan Ragu-Ragu untuk beropini segala kegalauannya.