Hope Springs



"Cinta mungkin tidak akan pernah hilang tetapi kemesraan antar dua insan itu dapat habis apabila semua mimpi sudah tercapai."

Film Hope Springs menampilkan sisi lain dari film-film yang bertemakan cinta.Film ini membahas kegalauan antara 2 pasangan tua yang merasa bahwa cinta di antara mereka sudah sirna, meskipun sampai saat ini mereka masih tinggal serumah.

Arnold(Tommy Lee Jones) dan Kay(Meryl Streep) adalah pasangan suami istri yang sudah berumah tangga selama 30 tahun.Kedua pasangan ini merupakan pasangan yang ideal, dalam arti mereka memiliki anak, memiliki cucu , memiliki hubungan harmonis antara orang tua dengan anak dan rumah tangga mereka berdua adem ayem tanpa perselingkuhan.
 
Suatu hari Kay merasa cinta di antara mereka sebenarnya sudah habis.Mereka memang tinggal serumah, tetapi sudah tidak sekamar selama 5 tahun terakhir, akibat Arnold yang memiliki masalah dengan tulang belakangnya dan tidur yang mendengkur.Kay merasa semua ini hanya menjadi rutinitas yang membosankan di antara mereka berdua.Bangun di pagi hari untuk menyediakan sarapan, Arnold mencium pipinya sebelum berangkat, makan malam bersama sambil berbicara masalah di kantor Arnold dan diakhiri dengan suaminya yang tertidur di depan TV sambil menonton acara golf.

Kay memutuskan untuk menjalani konseling pernikahan dengan Dr.Feld(Steve Carell) agar dia dan Arnold memiliki masa indah kembali.Kay mengajak Arnold untuk menghadiri acara konseling selama seminggu yang berada di luar kota mereka.Tentu saja ide ini awalnya ditentang oleh Arnold yang menganggapnya membuang-buang uang saja.Tetapi karena dia tidak ingin membiarkan istrinya seorang diri di luar kota, maka Arnold  pun ikut pergi dengan Kay untuk menemui Dr.Feld meskipun terpaksa.

Keterpaksaan menjalankan sesuatu akan mengakibat sesorang untuk terus menggerutu dan memaksa agar semuanya disudahi saja.Begitu pula yang dialami Arnold, dia terus menggerutu marah dan mempertanyakan, "Mengapa harus mengikuti konseling apabila pernikahan mereka sendiri sudah berjalan selama 31 tahun? Dimana letak masalah dengan pernikahan yang sudah berjalan lama tersebut?"

Ketika berkonsultasi dengan Dr.Feld, Arnold dicoba disadarkan bahwa, they are not ok! Sejumlah  pertanyaan diajukan Dr.Feld : Kapan terakhir kali mereka melakukan sex? Kapan terakhir kali Arnold menggandeng Kay selain di acara foto bersama? Kapan mereka berdua bermesraan setelah ditinggal menikah anak-anaknya? Kapan hadiah terakhir yang diberikan oleh Arnold?

Film ini cukup menghibur melihat akting kedua pasangan tua ini yang mencoba menjadi remaja lagi.Yup! mereka dipaksa Dr.Feld untuk mencoba bermesraan kembali, mencoba untuk berkencan, mencoba untuk melakukan sex, mencoba untuk mengerti satu sama lain.Dan inilah yang dibilang saat awkward alias masa canggung untuk kedua pasangan ini.

Dengan karakter Arnold yang cuek, keras kepala dan merasa dirinya selalu benar sedangkan Kay adalah wanita normal yang membutuhkan perhatian walaupun sedikit saja.(merupakan gambaran yang sering terjadi untuk pasangan suami istri di belahan dunia manapun) Apakah mereka berdua dapat memperoleh cinta itu kembali atau memang benar cinta itu bisa habis dan rutinitas kehidupan yang membuat mereka dapat bertahan satu sama lain? Jawabannya dapat ditemukan di film Hope Springs.

Film Hope Springs mengajak kita untuk merefleksikan diri terhadap pasangan kita.Apa kita masih bisa mencintainya di saat semua impian kita sudah habis alias sudah tercapai dan apakah kita masih peka satu sama lain di saat sudah tua? Overall film Hope Springs, gue kasih nilai 7,1/10.

Oh iya sehabis menonton film ini, ada kejadian yang menarik.Pasangan yang berumur sekitar 60 tahun-an, yang duduk di depan bangku gue (jangan tanya gue yah, siapa yang membelikan tiket untuk mereka).Masuk ke dalam bioskop berjalan cuek bebek satu sama lain, tetapi ketika selesai menonton dan melangkah keluar bioskop, tangan sang istri sudah menggandeng mesra suaminya yang sedang membawakan tas istrinya.Sungguh momen romantis :)

"Ketika cinta terasa sudah habis dan rumah tangga sudah di ujung badai masalah.Bertahanlah sebentar lagi!Ingatlah masa indah kalian! Dan cobalah kembali untuk meraih mimpi atau khayalan yang tertunda di antara kalian berdua sehingga kalian sadar bahwa kalian benar-benar mencintai dan membutuhkan pasangan kalian." -Dr Feld-


Case Kloset
-Kloset Galau-

No comments:

Post a Comment

Kloseter selalu meninggalkan jejak sebelum beranjak pergi...
Jangan Ragu-Ragu untuk beropini segala kegalauannya.