Cinta Itu Dapat Habis ?

cinta habis perlahan-lahan
Gue sering bertanya dalam hati, "Apakah mungkin, cinta itu dapat habis ?" 

Setiap orang pasti mempunyai jawaban yang berbeda-beda untuk masalah yang sering timbul ini. Ada yang bakal bilang,"Tidak mungkin habis." Oke pasti itu jawaban yang keluar dari orang-orang yang baru saja terkena panah si Cupid alias sedang jatuh cinta atau baru saja kasmaran. 

Tidak banyak juga yang menjawab, "Cinta itu pasti habis dan yang paling parah adalah kita tidak pernah tahu bagaimana cara menimbulkan getaran cinta itu kembali."

Gue baru aja ketemu dengan seorang teman lama setelah beberapa tahun tidak bersapa ria. Dan layaknya sebagai manusia, maka gue berbasa basi dengan menanyakan keluarganya. Jawaban yang gue terima pun cukup mengejutkan, "Basi banget loe nanya keluarga gue, gue dah cerai dari kapan tau." Maka sesi pertemuan itu menjadi sesi curhatan yang dipenuhi dengan alasan mengapa mereka bercerai dan beberapa kebusukan istrinya.

Selesai pertemuan itu, gue masih shock dan tidak percaya bahwa mereka dapat bercerai. Mereka adalah pasangan yang serasi dan seringkali membuat iri teman-teman ketika acara kumpul bersama. Bahkan, gue sampai membuka kembali facebook gue dan melihat-lihat foto mereka sejak jaman kuliah dan acara menikah mereka. Yup, masih dalam keadaan tidak percaya tetapi mau tidak mau gue harus mengamini bahwa cinta mereka sudah habis dan tidak dapat dipertahankan kembali. 

Pikiran ini pun melayang kembali dan mengingat-ingat bahwa entah berapa banyak teman gue yang bercerai, putus di tengah jalan bahkan sampai ada yang tidak jadi menikah meskipun undangan sudah disebar. Belum lagi berita-berita selebritas yang juga kawin-cerai. Apa benar, cinta itu dapat habis ?

Cinta dapat Habis alias Basi

Terlalu terburu-buru di dalam bercinta

cinta yang terburu-buru
Terlalu 'Ngebet'
Pasti kita seringkali melihat pasangan yang sangat mesra ketika mereka bersama. Bahkan, gue sampai males kalau mesti pergi bersama mereka. Entah berapa banyak pasangan ini mengumbar kemesraan di depan kawan-kawannya sendiri, tidak ada tolerasi berbela rasa antara jomblo dan yang sedang LDR. 

Entah mengapa, pasangan yang seperti ini seringkali berakhir di tengah jalan atau dapat dibilang layu sebelum berkembang. Pasangan yang terlalu menggebu-gebu seringkali berpisah dengan alasan, "Bosan." atau "Dia sudah tidak seperti dulu lagi, ketika masa awal-awal pacaran."

Gue ngerti koq, ketika masa PDKT ataupun masa awal pacaran, masih banyak hal yang ingin ketahui dari orang yang kita sukai makanya setiap hari kita merasa kangen dan ingin berjumpa terus menerus. Tetapi setelah banyak hal yang kita ketahui dari dia. Apa mungkin ada rasa penasaran kembali dan kangen ?

Nafsu Mengalahkan Segalanya

Banyak cowo dan cewe yang mengutamakan nafsu di atas cinta mereka. Bukan hanya nafsu sex saja yah, tetapi ada juga nafsu untuk menghabisi duit pasangannya. Karena dasar yang diletakan sudah salah, maka dapat dipastikan bahwa kisah cinta mereka dapat berakhir dengan cepat.

Memang jaman sekarang, sangat susah untuk membedakan mana itu cinta, mana itu nafsu karena biasanya dua hal itu dibungkus menjadi satu paket. Tetapi pertanyaan yang paling mudah sebagai bahan refleksi adalah "Apakah engkau masih mau menemani pasangan mu ketika ia sudah tidak seperti sekarang ini?", kalau contoh paling menarik untuk saat ini adalah ketika Brad Pitt masih mau bersanding dengan Angelina Jolie meskipun ia sudah mengangkat kedua payudaranya. Semoga mereka masih bertahan hingga selamanya !
contoh pasangan yang setia
Mereka masih mencintai satu sama lain

Tipe Player

Baik pria maupun wanita dengan memiliki tipe seperti ini dapat dipastikan bahwa rumah tangga maupun hubungan mereka tidak akan bertahan lama. Si pria mungkin seringkali merasa Don Juan atau yang paling anyar di Indonesia adalah Ahmad Fathana yang merasa HARUS memiliki beberapa wanita dan BISA menaklukan semua wanita atas kekayaan yang dipunya. 

Sedangkan wanita seringkali merasa bahwa dia adalah playmate, yang sekali melirik maka 3-4 pria langsung terkapar. Mungkin jarang sekali tipe wanita seperti ini, tetapi karena dihantui masa lalu yang kelam dan memang sifatnya yang tidak pernah puas maka tidak sedikit wanita yang bermutasi menjadi tipe yang berbahaya seperti ini.

Jadi, Cinta Itu Dapat Habis ?

Bagi gue, cinta itu dapat habis apabila kita tidak pernah mengakali bagaimana cinta harus tetap tumbuh dan ada di dalam hati kita.

" Sesuatu hal yang dilakukan berulang kali setiap hari akan menjadi sebuah kebiasaan dan kebiasaan yang dilakukan terus menerus akan membuat kita menjadi jenuh "

Bayangin aja kalau tiap hari kita disuruh makan tempe setiap hari dan tempe itu sudah menghantui kita sejak sarapan sampai makan malam. Meskipun kita pencinta tempe sekalipun, pasti lambat laun kita akan menjadi muak dan tidak akan menyentuh tempe itu untuk jangka waktu yang sangat lama.

Begitu juga dengan cinta, dimana orang yang berumah tangga harus bertemu dari pagi hingga malam, dari membuka mata hingga menutup mata bahkan tidak jarang bertemu kembali di alam mimpi. Apakah hal ini tidak akan membuat bosan dan menguapkan cinta kita perlahan demi perlahan ?

Apabila kita sudah merasa 'terjebak' dengan situasi ini, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan hubungan yang sudah kita bina selama ini. Tips ini sangat membantu untuk orang-orang yang sudah berumah tangga ataupun sudah berpacaran hingga tahunan.

Tips menyelamatkan cinta yang sudah habis

pasangan yang unik
Percayalah bahwa dia yang terbaik

1. Percayalah bahwa pasangan mu selama ini adalah yang terbaik. Apabila kau merasa dia kurang baik untuk dirimu, percayalah bahwa engkau pun 'sebenarnya' kurang baik untuk dirinya tetapi karena keadaan dan pengalaman bertahun-tahun yang sudah menyatukan kalian maka kalian adalah partner yang tepat dan sudah melewati beberapa cobaan dengan sukses. Jangan pernah terpikirkan untuk menyingkirkan mereka dalam kehidupan kalian.

2. Cobalah beberapa hal yang belum pernah kalian lakukan atau impian kalian yang sempat tertunda dalam jangka waktu yang lama. Apabila makan tempe setiap hari bisa membuat bosan maka cobalah mengolah tempe itu dalam berbagai jenis masakan lain sehingga kalian tidak merasa bosan. Hargai apa yang kalian punya karena belum tentu kalian mendapatkan hal itu untuk kedua kalinya.

3. Merencanakan ulang kembali visi dan misi kalian bersama. Perusahaan yang sudah maju sekalipun harus merevisi kembali target dan misi mereka. Begitu juga dengan pernikahan, tidak ada salahnya merevisi ulang impian-impian kalian bersama sehingga hal baru terus tercapai di dalam kehidupan percintaan kalian.

Kalau cinta kalian benar-benar sudah habis dan sudah melirik orang lain sebagai pasangan baru kalian maka tidak ada hal yang dapat saya katakan lagi selain, " Selamat berduka dan juga berbahagia."

1 comment:

Paramita Koriston said...

Good article! :D
Check out blog gue juga dong.
paramitakoriston.blogspot.com/

thanks :)

Post a Comment

Kloseter selalu meninggalkan jejak sebelum beranjak pergi...
Jangan Ragu-Ragu untuk beropini segala kegalauannya.