Everybody have secret

Everybody have secret, entah mengapa kata-kata ini lebih tepat daripada diartikan kedalam bahasa Indonesia, jadi jangan protes dengan judul yang kebule-bulean ini. Gue memiliki satu keyakinan bahwa semua orang pasti memiliki rahasia yang tidak akan pernah dibuka kepada orang terdekatnya. Tapi, gue sama sekali gak menganjurkan kalau seseorang memiliki banyak rahasia di dalam hidupnya, karena hal tersebut berpengaruh pada karakter orang tersebut, dia akan menjadi pembohong sejati dan terus berbohong untuk menutupi rahasia yang dia buat.

Everybody have secret

Every body have secret
Gak semua terlihat seperti apa adanya
Seperti fungsinya kloset, gue juga sering menerima tanpa bisa membalas, mendengar tanpa harus berbicara dan tentunya melihat tanpa harus membuka mata (eh, gak bisa deh yang bagian ini). Hasil pengamatan gue kali ini jatuh pada sebuah Kantor, dimana kantor ini adalah tempat banyak orang yang berinteraksi dengan sejuta rahasia di dalamnya dengan tujuan yang berbeda-beda pula. 

Beberapa rahasia yang sering terjadi di dalam kantor :

My Boss is My Enemy

my boss is my enemy
Boss siapakah ini ?
Bagi yang pernah membaca buku "My Stupid Boss" karangan chaos@work tentu saja mengamini bahwa Boss ini adalah makhluk hidup yang (biasanya) berbentuk gempal-gempal yang tidak mengenal belas kasih dan tidak pernah mengenal sedikitpun kata salah atau maaf serta selalu membuat gregetan. Tapi anehnya seberapapun bencinya kita dengan bos, kita tidak akan pernah yang berbicara langsung mengenai perasaannya. Kita masih dapat bersikap seperti satu keluarga yang penuh kebahagiaan. Bibir kita masih tetap membentuk senyum ketika berpapasan, masih tetap menurut ketika dipanggil meskipun yang sebenarnya entah sudah berapa kali kita menjelek-jelekannya di media sosial (tentunya pak boss tidak menjadi di daftar teman). Hayo, siapa disini yang mencintai bossnya ? sepertinya tidak ada.

Segalak-galaknya boss atau atasan kita tentu saja kita terpaksa berlaku sopan karena dia yang menggaji kita dan memang dia yang lebih tinggi jabatannya dari kita. Entah ini karena budaya timur yang penuh sopan santun sehingga hanya berani di belakang atau memang kita yang tidak berani jujur. Bayangkan dengan perusahaan microsoft, dimana setiap karyawan memiliki akses langsung ke email Bill Gates untuk melaporkan unek-unek atau kesulitan mereka dan tentunya ditanggapi langsung oleh Bill Gates. Tentunya setiap orang memiliki loyalitas lebih tinggi dan tidak ada perasaan sungkan kembali dengan pak boss.

My Best Friend or My Best Enemy ?

Sementara kita sudah pusing dengan perilaku pak boss, tanpa pernah kita sadari ternyata teman curhat di kantor kita adalah "pembunuh belakang" kita. Sering menjelek-jelekan kita di depan orang lain dan sering menceritakan "rahasia" yang sudah kita percayakan kepada orang lain.Tau-tau nama loe sudah menjadi trending topik kantor, tentunya dengan hal negatif. Menyakitkan ? Itulah hebatnya manusia, bisa menikam meskipun sudah ditolong ataupun berteman baik sekalipun.

Memang dalam hidup selalu ada pro dan kontra, selalu ada yang senang dan ada yang tidak senang dengan dirimu tapi hal paling menyakitkan adalah ketika kamu mengetahui orang yang kamu anggap teman baik dan tidak ada masalah dengan dirimu ternyata adalah musuhmu sendiri. Mungkin saja dia merasa iri dengan apa yang kamu ceritakan dan mungkin saja dia berambisius untuk menyingkirkan mu demi sebuah jabatan. Jadi, kita memang tidak pernah tahu apa isi hati seseorang. Be Carefull !!!

Internal Affair

Gue bukan lagi mau ngebahas film Andy Lau yang ciamik banget ide ceritanya.  Tapi ini tentang hubungan terlarang yang seringkali terjadi dalam sebuah kantor.  Seperti pepatah jawa kuno, "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino." yang artinya dilarang merokok di dalam kantor yang ber AC, maap, arti sebenarnya adalah menjadi suka karena sering bertemu. Yang awalnya gak ada rasa apa-apa entah dari mana atau mungkin karena si cupid lagi kelilipan dan tanpa sengaja menembakan panah asmara, kita pun menjadi suka dengan orang yang sering kita temui. 

cinta segitiga di kantor
Waspadalah sebelum sakit hati
 Yang tadinya kita melihat doi seperti Tukul tapi entah mengapa perlahan-lahan berubah menjadi Morgan Sm*sh ( ini ada kemungkinan katarak akut), yang tadinya kita melihat doi seperti Mpok Nori, tiba-tiba berubah menjadi Sandra Dewi (astajim kataraknya). Pokoknya semua hal yang dari awalnya buruk atau biasa saja tiba-tiba menjadi luar biasa. Ada kemungkinan karena banyaknya waktu yang kita habiskan bersama sehingga membuat kita terpesona dengan dirinya, biasanya bermula dari makan siang bareng berlanjut pada merapikan pekerjaan bareng-bareng, sampe-sampe ngebenerin genteng juga bareng-bareng (entah apa kerjaan mereka, jangan tanya gue). Dan inilah titik dimana si Tukul berubah menjadi morgan Sm*sh, semuanya terlihat indah, menarik, berwarna, baik, fantastis dan bombastis meskipun hubungan ini berlangsung diam-diam saja.

Tapi, dan sekali lagi tapi, sayangnya dalam sebuah hubungan di kantor biasanya banyak pihak yang sebenarnya sudah memiliki pasangan dan tidak ingin mengakuinya hubungan itu. Atau yang sebenarnya hubungannya baik-baik saja malah bercerita bahwa hubungannya sedang retak dan di ambang perpisahan. Karena si Cupid asal-asalan menembakkan panah diikuti dengan rasa penasaran dan keinginan membandingkan yang selalu dimiliki manusia, kita percaya begitu saja dengan segala ceritanya tanpa pernah menyelidiki terlebih dahulu kebenarannya. Kalau sudah buta seperti ini maka gue cuma bisa mengucapkan Selamat, kalian ini sukses selingkuh ataupun menjadi selingkuhan dan suatu saat nanti, akan terdengar lagu Afgan yang berjudul "Sadis"

Bawang Putih, Bawang Merah dan tentunya Bawang Bombay

Pasti di sebuah kantor ada seseorang yang menyebalkan dan bersifat bossy walaupun dia itu bukan boss, suka pamer, semena-mena kerjanya dan tentunya tukang mencela orang. Menghadapi satu boss saja sudah pusing, eh, ditambah dengan orang yang seperti ini. Yah, saran gue sich gak usah pusing ngadepin orang seperti ini anggap saja Tong Kosong Nyaring Bunyinya, apapun yang dia mau cuap-cuap tetap saja jangan terlalu didengar.
Bawang putih tentu selalu ada di dalam sebuah kantor, orang yang bijak, baik hati dan tidak sombong, tempat terenak untuk bertukar pikiran dan menuturkan semua cerita. Orang yang selalu kita mintai pertolongan dan sangat jarang menolaknya meskipun sebenarnya dia sendiri sedang sibuk luar biasa. Lebih banyak bekerja daripada bergosip dan dia seringkali menjadi orang yang dipercayai oleh boss. Karena kebaikan-kebaikan yang dia buat dan seringkali disalahartikan kebaikannya, biasanya orang yang bertipe seperti ini memiliki kehidupan yang luar biasa di luar jam kantor, mungkin saja dia menikah dengan seorang pangeran maupun putri ( eh koq jadi cerita Cinderella ? )

kisah orang seorang diri
Bawang bombay seorang diri
Sedangkan bawang bombay adalah tipe orang yang antara ada dan tiada, bahkan seringkali kita tidak menyadari kehadirannya karena saking jarangnya dia berinteraksi. Dia tetap dibutuhkan untuk beberapa pekerjaan yang mungkin tidak bisa kita lakukan. Sama seperti jenis makanan, bawang merah dan bawang putih selalu dibutuhkan di dalam masakan, tapi bawang bombay ? mungkin hanya pada yakiniku. Tipe bawang bombay ini memiliki sejuta rahasia dengan sejuta dunia di dalam benaknya.

Cinderella Story

Memang tidak semua kantor memiliki kisah Cinderella, tetapi pasti ada yang pernah mengalami bahwa ada seseorang yang low profile ataupun orang biasa saja yang memiliki kisah hidup luar biasa. Mungkin jarang kita menemui seorang staff yang kita angap biasa saja tetapi sebenarnya dia adalah orang kaya yang benar-benar kaya dan bisa saja menjadi tetangga pak boss, entah karena keberuntungan ataupun karena kerja kerasnya yang berbuah hasil. Hal yang mungkin terjadi karena memang everybody have secret, kita tidak pernah tahu mengapa dia masih ingin bekerja dan rendah hati.

Gue pernah mengenal seorang satpam yang memiliki mobil pribadi, rumah pribadi yang cukup mewah di pusat Jakarta dan tentunya tabungan yang berlimpah. Ternyata dia hanya menyamar menjadi satpam untuk tidak diburu pajak dan terlalu mencolok karena usaha sambilannya adalah perantara kayu dari kawasan timur Indonesia (illegal logging). Benar-benar mencengangkan bukan ? Jadi jangan anggap kecil orang kecilan karena kita tidak pernah tahu apa yang ia lakukan di belakang. Sampai sekarang gue gak habis pikir, kenapa itu orang menyamar menjadi satpam hingga hampir 5 tahun ini.

Gue juga pernah mendengar seorang OB (meskipun tidak menjadi kaya seperti pak satpam), tetapi dia berani untuk mengejar cintanya seperti pangeran yang mencari pemilik sepatu kaca. Dia rela menempuh perjalanan 18 jam bolak-balik ke rumah pasangannya dengan menggunakan motor untuk pertemuan pertamanya. Setelah itu, dia langsung melamar pasangannya saat itu juga padahal baru bertemu pertama kali dengan keluarga calon mempelai.  Hebat bukan kekuatan cintanya ? Apakah ini tidak seperti kisah cinderella juga, dimana pangeran langsung melamar sang pemilik sepatu kaca ?

Penyuka Sesama

Pernah juga ada kejadian bahwa gue memiliki teman lelaki yang cukup ganteng dan tidak sombong. Meskipun banyak wanita yang mendekatinya di kantor tetapi dia tidak sekalipun menaruh hati pada mereka. Akhirnya setelah dijebak dengan beberapa botol minuman keras (mabuk adalah acara orang menyuarakan suara hati terdalamnya), dia 'terpaksa' mengakuinya bahwa dia menyukai sesama jenis dan sudah memiliki pacar laki-laki yang fotonya ditaruh di dalam dompetnya. Entah ini manis atau luar biasa gelinya ? 

Mungkin juga saat ini ada wanita yang tidak dapat luluh oleh banyak pria di kantor sementara dia seorang diri pulang pergi kerja atau ada pria yang sangat dingin terhadap kaum hawa dan itu pertanda bahwa dia adalah ....  Amati sekarang juga !


aku, dirimu dan dirinya adalah sama

***
Begitu banyak rahasia di dalam sebuah kantor, mereka mungkin tidak bisa menceritakannya kepada kita karena kita hanyalah orang jauh yang hanya menghabiskan waktu selama jam kerja. Sama seperti diri kita sendiri yang seringkali menyimpan rahasia dari teman-teman kita. Kita tidak bisa bohong, mungkin saja saat ini kita juga menyukai seseorang tanpa kita sadari untuk menghabiskan makan siang bersama. Atau mungkin saja saat ini kita sedang menyimpan rahasia untuk menyingkirkan seseorang yang kita anggap saingan. Atau tanpa kita sadari bahwa kita sering bertindak seperti bawang merah walaupun kita menganggap diri adalah bawang putih. Atau mungkin saja kita sendiri sedang mengalami masalah keluarga yang cukup akut dan sangat malu untuk dibagi seperti pernikahan dini, janda / duda ataupun pernikahan yang sedang berantakan, keluarga yang sedang bangkrut.

Semua orang harus menjaga rahasianya sendiri di dalam tempat kerja agar menjadikan tempat kerja lebih menarik dan lebih menyenangkan. Tanpa adanya rahasia, seringkali kita menjadi malas untuk bekerja karena tidak ada tujuan pasti. Dan perlu diingat, tanpa adanya musuh, seringkali kita menjadi lebih malas bekerja karena tidak bisa membuat diri kita bersaing. Begitu juga dengan kehidupan kita dengan pasangan kita, ada beberapa hal yang mungkin harus kita rahasiakan agar hubungan menjadi harmonis dan tidak disalahkan terus menerus di kemudian hari.  So, keep your secret be a secret !!!

1 comment:

jess said...

Gue baru aja sadar, kalo gue selama ini jadi orang ketiga..emang sich nyesak, tapi yah begitulah karena sering ketemu, gue jadi gak sadar kalau dia ada yang memiliki..

rasanya pengen pindah kerja aja, karena males banget ketemu dia....hikss

Post a Comment

Kloseter selalu meninggalkan jejak sebelum beranjak pergi...
Jangan Ragu-Ragu untuk beropini segala kegalauannya.

Post a Comment