Parental Guidance


Kegalauan itu bagaikan penyakit menular yang sangat berbahaya, hal ini menyerang siapa saja termasuk seorang nenek dan kakek sekalipun.Film Parental Guidance ini menceritakan kegalauan pasangan nenek dan kakek yang diminta tolong untuk menjaga cucu mereka di saat putri tunggal mereka ingin berpergian dengan suaminya.

Sang nenek, Diane, ingin sekali di masa tuanya menjadi orang yang lebih menghabiskan waktu dengan cucu-cucunya dan putri tunggalnya.Tetapi hal ini tidak berlaku untuk suaminya, Artie, yang merasa  sangat canggung apabila harus berdekatan dengan cucu mereka bahkan yang lebih parah, si kakek tidak dapat mengingat nama cucu-cucu mereka sendiri karena hubungan mereka yang cukup renggang.Apalagi saat ini Artie baru saja dipecat dari pekerjaan yang sangat ia sukai dan tekuni selama ini yaitu sebagai presenter baseball.

Dengan berat hati, kakek Artie pun menemani nenek Diane untuk berangkat ke rumah putri tunggal mereka yang sudah sangat lama tidak mereka jumpai yaitu, Alice.Di sisi lain, Alice pun merasa sangat terpaksa untuk meninggalkan 3orang anak mereka dengan orangtuanya sendiri.Tak hanya itu, anak-anak Alice pun mempertanyakan mengapa mereka harus dijaga oleh kakek Artie dan nenek Diane, kedua orang yang notabene sangat dihindari oleh mereka bertiga.

Sesampainya di rumah Alice, ternyata kakek dan nenek ini menyadari bahwa gaya hidup mereka sangat jauh berbeda dengan keluarga putrinya tersebut.Peraturan-peraturan yang ada di rumah putrinya sangat ketat untuk ketiga cucu mereka yang ternyata memiliki karakter sangat unik.Kakek Artie merasa pesimis bahwa ia dapat melewati 5hari bersama cucu-cucu nya ini, bagi si kakek ini yang disebut Neraka!!!


Ketika di rumah Alice, si nenek Diane pun menyadari bahwa keluarga putrinya jauh lebih akrab dengan kakek dan nenek dari pihak suami.Dia melihat begitu banyak foto-foto bersama yang dipajang diatas perapian rumah itu dan dia pun memiliki misi yaitu : "Jangan biarkan keluarga ini menganggap kita adalah kakek dan nenek yang 'jauh' dan tidak dianggap ada.", oleh karena itu dia mewanti-wanti Artie agar bersikap lebih baik dan terbuka selama 5 hari ini yang dianggap Diane sebagai kesempatan kedua untuk memperbaiki hubungan dengan keluarga ini.

Kedua pasangan paruh baya ini pun mulai berusaha untuk menjadi penjaga yang baik untuk cucu-cucunya dengan mengingat semua hal tentang cucunya dan peraturan yang ada di dalam rumah itu.
1.Harper : Cucu tertua mereka, seorang gadis remaja berumur 14tahun yang memiliki sindrom semua hal harus sempurna.Dia pun sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti audisi biola untuk bergabung dengan orkestra terkenal.Dia sangat dan sangat stress.
2.Turner : Cucu kedua mereka, memiliki kesulitan di dalam berbicara kepada umum, bahkan harus mengikuti kelas kepribadian sehingga dapat berbicara kepada teman-temannya.
3.Barker : Cucu bungsu ini memiliki teman khayalan sendiri yaitu Carl, seekor Kangguru yang nakal.Belum lagi Barker ini sangat nakal dan brutal karena dia terlalu dimanja oleh Alice dan suaminya, Phil.

Banyak sekali peraturan di rumah itu yang sangat tidak masuk akal untuk kedua pasangan tua ini, mulai dari dilarang makan kue, harus berbicara positif meskipun sedang marah sekali pun, kelas-kelas yang sangat 'kaku'.Hal ini sangat jauh berbeda dengan sikap mereka yang ceplas-ceplos dan selalu santai.

Apabila kita berusaha untuk menjadi orang lain agar mendapatkan hasil yang sempurna maka yang terjadi adalah kekacauan.Begitu juga dengan yang terjadi dengan film Parental Guidance ini, kakek Artie dan nenek Diane malah membuat semuanya menjadi kacau balau.Kehadiran mereka seperti memberikan pilihan lain dari kebiasaan rutin keluarga Alice dan Phil ini.

Film ini sukses bikin gue ngakak sepanjang film dan yang terpenting di akhir film ini sukses membuat gue bernostalgila tentang kebersamaan gue bersama kakek dan nenek gue.Yup, i miss you already guys :P

Ada pelajaran-pelajaran sederhana yang gue dapat dari film ini :
1.Keluarga dan rumah itu adalah bagian penting di dalam hidup yang tidak dapat dipisahkan, kedua hal ini adalah support utama di dalam menjalani segala masalah hidup.
2.Tidak ada satupun yang dapat mengajarkan bagaimana cara ter-sempurna untuk membentuk suatu keluarga, bagaimana menjadi orang tua yang sempurna.Semua membutuhkan proses tanpa akhir untuk belajar dan memperbaiki diri.
3.Anak bukanlah kepanjangan dari cita-cita orang tua yang tertunda.Setiap anak mempunyai mimpi sendiri, mempunyai dunianya sendiri dan yang penting Hargai pilihannya itu.
4.Kata maaf masih menjadi senjata yang ampuh untuk memperbaiki sebuah hubungan yang rusak.Terus terang gue masih sangat jarang mendengar kata maaf yang dilontarkan oleh sebagian besar orang tua di Indonesia ini, apakah orang tua itu tidak pernah salah sedangkan mereka sendiri juga manusia ?

Film Parental Guidance yang bertemakan komedi ini dan berdurasi 104 menit, gue rasa cocok banget buat ditonton bersama-sama dengan keluarga.Sekali-kali ajak dong keluarga kalian hang out bareng dan meluangkan waktu bersama buat nonton film ini.Biar kenangan-kenangan yang sudah terkubur menjadi hidup kembali.Overall gue memberikan nilai 8,4/10 buat film Parental Guidance ini.

Case Kloset
-Kloset Galau-

No comments:

Post a Comment

Kloseter selalu meninggalkan jejak sebelum beranjak pergi...
Jangan Ragu-Ragu untuk beropini segala kegalauannya.